Tips Mencuci Bersih Baju Bayi Baru Lahir

Bayi masih memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Apalagi jika dibandingkan dengan orang dewasa. Sehingga segala keperluan bayi perlu diperhatikan kebersihannya. Jangan sampai bayi sakit karena menggunakan barang yang masih kotor. Salh satunya adalah pakaian. Pakaian bayi harus diperlakukan berbeda saat mencuci. Tentunya tidak bisa disamakan dengan mencuci pakaian orang dewasa. Apalagi bahan pakaian bayi yang sangat lembut. Mencuci pakaian saja menjadi hal penting yang juga harus diperhatikan ibu. Jika baju bayi tidak bersih maka akan mudah ditinggali bakteri. Tidak hanya saat mencuci, bahkan saat menjemur juga. Bayangkan saja, meskipun baju bayi baru lahir terlihat bersih, siapa yang tahu apakah sudah terkena ompol atau belum, terkena muntahan atau tidak. Jika tidak bersih akan menjadi sarang bakteri. Begitupun saat menjemur sebaiknya waspada akan banyaknya debu yang menempel.

Cara mencuci baju bayi baru lahir dengan bersih bisa menggunakan beberapa langkah berikut ini:

  • Gunakan deterjen khusus
    Pilihlah detergen yang khusus untuk melembutkan. Hal ini menjaga agar pakaian bayi tetap lembut mengingat kulitnya yang sensitive.
  • Rendam sebelum mencuci
    Agar bersih sebaiknya rendam dulu pakaian bayi sebelum mencucinya. Hal ini guna mengurangi tenaga juga saat mengucek nantinya. Diharapkan dengan merendam maka bakteri bisa hilang.
  • Gunakan air hangat
    Air yang pas untuk mencuci baju bayi yakni antara suhu 38 hingga 40 derajat celcius. Dengan suhu hangat bisa menghilangkan bakteri-bakteri yang menempel akibat ompol, makanan, atau muntahan.
  • Kucek dengan tangan
    Jangan gunakan mesin cuci. Baju bayi akan lebih bersih bila dikucek menggunakan tangan. Jangan gunakan sikat karena akan membuat serat kain berantakan dan kasar.

Ada 4 langkah mudah untuk mencuci baju bayi baru lahir seperti diatas. Bisa dikatakan memang mencuci baju bayi harus repot. Mengingat bayi gambang sakit maka cucilah dengan benar. Jangan sampai gara-gara baju bisa menginfeksikan bakteri pada anak. Memang repot namun bukan masalah besar seharusnya mengingat baju bayi yang mungil. Namun bila tidak terbiasa memang akan sangat pegal. Agar tidak pegal saat mencuci maka rendamla lebih lama. Selain itu mencucilah sedikit demi sedikit. Jangan membiarkan pakaian menumpuk dulu baru dicuci namun cucilah selagi belum menumpuk. Dengan demikian pekerjaan akan terasa lebih enteng. Mengucek baju bayi juga bisa lebih maksimal bersihnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*